Apa Itu SEO?

Posted by on Senin, 10 Desember 2018
SEO
Google SEO
Selamat datang sobat di vincentpublisher, kali ini admin akan share artikel tentang SEO. SEO yaitu singkatan dari Search Engine Optimization. Seperti yang sobat blogger ketahui, banyak sekali artikel yang membahas tentang apa itu SEO? Namun saya akan mencoba merangkum semua point penting tentang SEO, tentunya dengan bahasa yang ringan agar sobat dapat mengerti dengan cepat. Lets Go kawan,,,,,

1. Apa Itu SEO?
Sebagaimana diartikan dari bahasa inggris, SEO berarti optimasi mesin pencari. Sebuah strategi publisher agar konten / artikel yang kita buat dapat muncul di bagian atas SERP untuk kata kunci tertentu yang diinginkan. 

What its SERP??
SERP adalah akronim  dari Search Engine Result Pages, yaitu laman hasil pencarian yang muncul ketika sobat memasukkan kata kunci untuk mencari sesuatu. Contohnya seperti gambar dibawah ini ni sob:
SERP
Gambar SERP
Secara prinsip: semakin baik  posisi sebuah website di mesin pencari untuk kata kunci tertentu, semakin besar pula untuk mendapatkan traffic. Siapa juga yang tidak mau menjadi no.1 di mesin pencari Google ini kawan. Saya tidak bermaksud mengecilkan keberadaan  mesin pencari lain seperti Bing milik Microsoft, Yahoo! milik Verizon Yandex dari Rusia, Baidu dari Cina atau bahkan DuckDuckGo yang hingga hari ini terus berjuang menjadi antitesis Google, tetapi berbicara tentang SEO adalah berbicara tentang Google, bukan yang lain kawan, apalagi berbicara tentang Mantan, hahahh😂

2. Modal SEO
Sebagai sebuah bisnis, SEO tentu saja membutuhkan modal "Kencing saja bayar". Sekurangnya untuk membeli top level domain, web hosting yang baik, dan konten berkualitas tinggi, seperti konten di VincentPublisher ini, hhakaks.Tak main-main kawan, bahkan optimasi offpages kata kunci idaman menggunakan backlinks berkualitas tinggi dari situs terpercaya yang relevan (High Trust Flow Metrics Backlink), biaya yang harus dikeluarkan bisa bikin mencret.😂 Tetapi jangan khawatir kawan, justru  biaya untuk mempelajari SEO dan melakukan trial-error lah yang mahal. Karena pengalaman adalah Guru yang terbaik.

Saya akan bagi pengalaman saya tentang SEO.
Pengalaman pecah telor pertama membuat saya semakin percaya dengan kekuatan SEO. Sebagian besar website yang saya bangun dibangun dengan metode SEO yang tren saat itu; EMD, spammy backlinks, low quality content, saat ini telah wafat dimakan algoritma Google. Sebagian yang lain, yang dibangun dengan whitehat SEO bahkan masih bertahan hingga sekarang. Jadi apakah sobat masih ingin menggunakan blackhat SEO?

Sebab orang bijak berkata: 
Apa yang diperoleh dengan mudah, biasanya tak akan bertahan lama dan apa yang bertahan lama, biasanya tak akan diperoleh dengan mudah

3. Ilustrasi SEO
#Prinsip & Ide: Apabila sobat menganggap domain dan hosting premium gratis, menghadirkan konten berkualitas secara gratis, memperoleh backlinks bagus secara gratis, menganggap komputer, laptop, koneksi internet dan waktu anda adalah gratis; maka SEO itu gratis, Simple!

Ide merupakan akar yang sangat penting dalam SEO karena akan menentukan niche sebuah website dimana niche menentukan keyword dan keyword menentukan tingkat kompetensi dan tingkat kompetensi menentukan konten serta backlinks yang dibutuhkan.

Ide adalah peluru sebelum berperang sob...!


Baca Juga: Pengertian Niche Blog

#Alat Perang:
- Domain berkualitas, prioritaskan domain .com, .net, .co, .org saja yang ramah dengan SERP Google
- Webhosting harus berbayar
- Konten harus berkualitas. Kriteria artikel yang baik adalah memiliki tinggkat keunikan lebih dari 80%, terbaca, isinya relevan & informatif, mengandung  keyword yang ingin dioptimasi, lebih panjang lebih baik.
- Backlinks harus bermutu
- Tools Riset Keyword, harus tidak harus

4. Ringkasan Cara Kerja SEO
Melakukan SEO sama mudahnya dengan membuat sebuah blog, tentu disertai tambahan optimasi yang membuat ramah dengan mesin pencari Google. Berikut tahapannya secara sederhana:

a. Carilah dan kumpulkan keyword
b. Carilah template/Themes Blog anda yang SEO Friendly (Google It)
c. Buatlah page wajib seperti privacy policy, about us, contact us, dan lain sebagainya
d. Buat (atau beli) konten dari setiap keyword yang sudah ada dan postinglah konten tersebut di blog anda. Pada tahapan ini anda akan melakukan berbagai jenis Optimasi Onpages.
e.  Tunggu konten terindex oleh Google sebelum anda melakukan Optimasi Offpages/

Baca Juga: Optimasi SEO On Pages Terlengkap

Kedua optimasi tersebut, onpages  dan offpages harus Anda lakukan secara konsisten dalam jangka waktu tertentu hingga web mendapatkan traffic / pengungjung.

Sekian Penjelasan Singkat Tentang Apa itu SEO, jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar. Terimakasi sudah berkunjung di VincentPublisher.
logoblog
Apa Itu SEO?

» Thanks for reading: Apa Itu SEO?

No SPAM, Please...!!!!