Optimasi SEO On Pages Terlengkap

Posted by on Sabtu, 15 Desember 2018
Mungkin Anda sudah mengerti tentang SEO (Search Engine Optimization). Pada umumnya SEO dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Optimasi SEO On Pages (optimasi di dalam website) dan Optimasi Off Pages (optimasi di luar website).

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan konten Anda agar dapat menjadi no 1 dalam Mesin Pencari Google?

optimasi seo onpage
Optimasi SEO On Pages

Selamat Datang di VincentPublisher. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas step by step cara kerja optimasi SEO On Pages dengan teknik Whitehat dan Blackhat. Ahh sudah lupakan teknik Blackhat, karena saya dan kebanyakan para Blogger lain pasti sudah merasakan pahitnya menggunakan Blackhat SEO😅.

Langsung saja ke topik pembahasan cara optimasi SEO On Pages tentunya dengan teknik Whitehat yang disenangi oleh mesin pencari Google,,!!! Berikut adalah hal yang harus Anda kerjakan untuk Optimasi On Pages:

#1. Menggunakan Template SEO Friendly
#2. Alamat URL yang SEO Friendly
#3. Judul artikel dimulai dengan kata kunci
#4. Konten yang panjang dan Unik
#5. Optimasi dengan Gambar
#6. Gunakan Outbound Links
#7. Gunakan Internal Links
#8. Gunakan LSI Keyword

#1. Menggunakan Template SEO Friendly
Hal pertama yang Anda lakukan adalah mencari atau membeli template yang SEO Friendly.

Kriteria template blog / website yang baik di mata Google adalah template yang sesuai dengan Niche Blog/Website Anda, Mobile friendly (dapat berjalan di perangkat mobile Smartphone atau Tablet), Responsive dan Fast Loading. Faktor tersebut dapat menjadi penentu awal untuk dapat bersaing di SERP Google.

#2. Alamat URLs yang SEO Friendly
Menurut saran para pakar SEO, alamat URL yang singkat dan manis memiliki keunggulan tersendiri dalam hasil pencarian. Google telah menyatakan bahwa 3-5 kata pertama di URL diberi bobot yang lebih besar.

Hindari URL yang tidak baik, seperti:
vincentpublisher/p/onpages-seo
vincentpublisher/p/onpages-seo-2018-terbaik-paling-dicari-seindonesia

sebaiknya: vincentpublisher/p/seo-on-pages-terlengkap

#3. Judul Artikel dimulai dengan Kata Kunci
Judul Artikel menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam optimasi seo onpages. Sebelum menulis artikel pikirkanlah kata kunci yang akan Anda bidik.

Buatlah judul artikel semenarik mungkin, judul yang menarik tentunya mempunyai kesempatan lebih besar untuk di klik. Dan yang terpenting, letakkanlah kata kunci di awal kalimat.

Contoh: Optimasi SEO On Pages Terlengkap
(Kalimat dengan cetak tebal merupakan keyword yang saya bidik, dan didukung dengan kata pelengkap agar lebih menarik pembaca)

#4. Buat Konten yang Panjang & Unik
Teknin SEO On Pages selanjutnya adalah dengan membuat konten yang panjang, menarik, agar pembaca betah berlama-lama membaca di website/blog Anda. dan yang terpenting unik (tidak copas). Googlebot sangat tidak menyukai website/blog yang sangat mirip bahkan sama dengan situs -situs ternama.

Jika terpaksa, cantumkanlah link sumber artikel, dengan ini Anda juga menjalankan salah satu teknik SEO On Pages yaitu Outbound Link yang akan saya jelaskan dibawah.

Konten yang panjang juga berpotensi untuk meletakkan banyak kata kunci di dalam artikel. Lalu bagaimana dengan konten yang singkat dan memiliki banyak kata kunci dalam artikelnya? Googlebot akan membaca ini sebagai sebuah spam, yang berakibat sangat buruk untuk website/blog Anda.

Luangkanlah waktu Anda 1-3 hari untuk menuliskan sebuah artikel yang berkualitas. Saya sendiri beranggapan bahwa Konten adalah bos saya.
Content is King

#5. Optimasi Konten dengan Gambar
Pastikan Anda meletakkan gambar utama disetiap konten situs website/blog yang sesuai dengan judul, dan menambahkan gambar untuk menerangkan isi dari konten tersebut.

Walaupun robot txt tidak bisa membaca gambar di website/blog Anda. Namun dengan menambahkan atribut alt image, gambar yang Anda letakkan di dalam konten dapat terindex di Google Image.

#6. Gunakan Outbound Link
ilustrasi outbound link
Ilustrasi Outbound Links















Seperti ilustrasi diatas Outbound Link berarti Link yang mengarah dari website kita ke website lain. Lalu pertanyaannya apa manfaatnya? Bukankah pengunjung akan kabur ke website lain? Tunggu dulu kawan, berikut manfaat outbound link:

  • Dengan mencantumkan link yang relevan dengan website Anda, dapat membantu mesin pencari untuk memahami Niche website/blog Anda. Kalau website Anda membahas tentang Musik, pastikan outbound link juga tentang Musik bukan tentang obat kuat😂
  • Outbound links juga merupakan cara terbaik untuk membangun relasi antara blogger lainnya.
Namun pastikan outbound links yang Anda cantumkan merupakan website yang sudah terpercaya dan mempunyai reputasi baik di mata Google.

Catatan: Hindari terlalu banyak link keluar

Optimasi dengan outbound link itu baik, tetapi jangan terlalu banyak mencantumkannya, agar Bounce Rate tetap rendah. Apa itu Bounce Rate?

Menurut isparmo.web.id, Bounce Rate adalah salah satu istilah dalam Google Analytics, yaitu tools untuk menganalisa kunjungan / traffic suatu website. 

Kalimat diatas adalah contoh Optimasi SEO On Pages dengan Outbound Link😂

Bounce Rate yang tinggi, mendekati 100%, itu artinya pengunjung hanya sebentar saja membaca atau menjelajah isi di website kita.


#7. Gunakan Internal Link
ilustrasi internal links
Ilustrasi Internal Links

















Berbeda dari outbound link,

Internal link berarti tautan (link) yang mengarah dari halaman suatu website Anda ke halaman lain di website yang sama.

Tujuan menggunakan Internal Link yaitu

  • Memudahkan navigasi pengunjung, dengan kata lain pengunjung akan berpotensi untuk mengklik halaman lain dari website kita.
  • Membentuk struktur website yang sangat di sukai Googlebot. Dengan ini Googlebot akan mudah untuk mengcrawl / menjelajahi bagian lain situs Anda, keuntungan lainnya artikel yang Anda buat akan cepat terindex di SERP Google.
  • Mendistribusikan ketenaran artikel, jika Anda mempunyai 1 artikel banyak dikunjungi maka artikel lain juga berpotensi untuk mendapatkan ketenaran.


#8. Gunakan LSI Keyword
Mungkin Anda bingung apa itu LSI Keyword. LSI merupakan singkatan dari Latent Sematic Indexing yaitu kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci utama.

LSI keyword bermanfaat memudahkan google untuk dapat memeriksa relevansi halaman lain di website anda. Jadi untuk artikel-artikel baru yang Anda buat gunakanlah LSI Keyword. Untuk lebih jelasnya saya akan buatkan artikel khusus untuk membahas ini.


Sekian penjelasan Optimasi SEO On Pages Terlengkap, Cara tersebut diatas bisa Anda praktekkan pada website/blog Anda. Namun Kata Kunci utama pada penerapan SEO yaitu ketekunan dan kesabaran Anda. Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan di kolom komentar dibawah.

logoblog
Optimasi SEO On Pages Terlengkap

» Thanks for reading: Optimasi SEO On Pages Terlengkap

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

No SPAM, Please...!!!!